Calendar & Clock

Followers

PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN DI INDONESIA

Posted by Sarjana SEMU / Category:

Upaya menelusuri sejarah peradaban bangsa Indonesia, mulai dari zaman batu sampai zaman logam.berdasrkan pendapat-pendapat para ahli prehistoris, ternyata bahwa zaman batu dibagi menjadi :


Zaman batu tua (paleolithikum)













Zaman batu tengah (mesolithikum)



·










Zaman batu muda (neolithikum)















Contoh dari peninggalan dari zaman batu tua adalah kapak genggam .kapak genggam dibawa dari bangsa proto austronesia yang berasal dari cina selatan, menyebar kea rah selatan, ke hilir sungai-sungai besar sampai ke semenanjung malaka.lebih lanjut menyebar ke Sumatra,jawa, Kalimantan barat, nusa tenggara sampai ke flores dan sulawesi.berlanjut ke philipina.

Bahasa proto austronesia sebagai cikal bakal bahasa dari bangsa-bangsa yang mediami pulau-pulau diantara samudra Indonesia dan samudra pasifik. Dengan begitu bahasa proto austronesia sebagai induk dari bahasa-bahasa di wilayah Negara-negara asean, khususnya di republic Indonesia.

Zaman batu muda membawa revolusi dalam kehidupan manusia. Pada zaman ini mereka mulai hidup menetap, membuat rumah, membentuk masyarakat desa, bertani dan berternak untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Bangsa-bangsa proto austronesia yang masuk dari semenanjung indo china ke Indonesia itu membawa kebudayaan Dongson, dan menyebar di Indonesia. Materi Dongson diantaranya berupa senjat-senjata tajam dan kapak berbentuk sepatu dari bahan perunggu.


Kebudayaan hindu-budha

Pada awalnya jalur perdagangan antara India dan china melewati selat malaka. Dalam perkembangan berikutnya, para pedagang tidak hanya melewati selat malaka, tetapi ada diantaranya yang menyusuri pantai sepanjang pulau Sumatra, pantai utara jawa, pantai timur Kalimantan dan terus ke cina.

Akibat ramainya perdagangan dan banyaknya orang asing yang singgah di nusantara, banyak unsure budaya asing yang masuk khususnya budaya hindu-budha. Kebudayaan hindu budha tmbuh subur di kawasan yang dilalui lintas perdagangan kuno antara India dan cina, yaitu Sumatra,jawa,bali dan Kalimantan.agama hindu budha diperkirakan masuk Indonesia pada abad ke 4 hal ini dibuktikan dengan ditemukannya patung budha dari perunggu di daerah sempaga, sulawesi selatan,jember,jawa timur .


Kebudayaan ISLAM

Kebudayaan islam pertama kali masuk indonesia pada abad ke15 dan ke16 .

Bukti-bukti masuknya islam di Indonesia :

  • Berita dari cina dari dinasti tang yang menyebutkan adanya rencana seranga orang-orang ta shih pada tahun 647 M terhadap kerajaan Holing yang diperintah oleh ratu sina. Namun rencana ini gagal karena kerajaan Holing sangat kuat. Sebutan ta shih ditafsirkan sebagai orang-orang arab dan persia.

  • Berita arab yang menyatakan bahwa pedagang arab yang beragama islam telah telah mengadakan kegiatan perdagangan di seriwijaya.

  • Ditemukannya batu tulis dalam bahasa arab di leran, dekat gresik, yang memuat keterangan tentang menunggalnya seorang perempuan perempuan bernama Fatimah binti Maimun.

  • Berita dari marco polo, seorang musafir dari Venesia. Ia menjupai penduduk yang beragam islam dan banyak pedagang yang berasal dari gujarat yang giat menyebarkan islam.

  • Adanya makam sultan malik al shaleh seorang raja samudra pasai.

  • Berita dari ibnu batuta seorang utusan sultan delhi ke cina, yang menyatakan bahwa di sumatra terdapat kerajaan islam.

0 comments:

Post a Comment